CV Nuavi Cipta Media mempunyai badan hukum, SIUP TDP dan telah tersertifikasi IALA, IMO, BKI, ISO dan Sucofindo. Hubungi Kami di +62 81 330 786858 (call + wa) atau mustdiego@yahoo.com (email)

Singkatan Warna pada SBNP

 

 


 

Pada SBNP selain warna Solid Merah, Hijau, Kuning dan Putih ada beberapa jenis SBNP yang memakai kombinasi dua warna. Warna SBNP ini biasanya disingkat untuk memudahkan mengingat. Sedangkan warna lampu tetap solid kecuali wreck buoy (new danger buoy) yang berwarna kuning dan biru.

Berikut beberapa singkatan warna Sarana Bantu Navigasi Pelayaran, baik berupa pelampung suar atau menara suar.


MPMT. Merah Putih Melajur Tegak, biasa disebut buoy nol, fairway buoy adalah buoy terluar (pintu masuk) dari sebuah pelabuhan. Berwarna seperempat Merah dan Seperempat Putih berdiri tegak. Warna Lampunya adalah Putih.


BKMT. Biru Kuning Melajur Tegak, disebut Wreck Buoy atau New Danger Buoy. Dipasang diatas kapal tenggelam atau kerangka kapal tenggelam. Berwarna seperempat Biru dan Seperempat Kuning, dengan warna lampu biru kuning menyala bergantian.


HMMD. Hitam Merah Melajur Datar, adalah Pelampung Suar Isolated Danger atau Daerah Bahaya. Dipasang diatas Karang atau Dangkalan didekat Pelabuhan. Lampu suar berwarna putih.


HPMD. Hijau Putih Melajur Datar, adalah menara Suar Pelabuhan dengan lampu berwarna hijau.


MPMD. Merah Putih Melajur Datar, adalah menara Suar Pelabuhan dengan lampu berwarna merah.

Untuk kebutuhan SBNP, pelampung suar (buoy) dan menara suar pelabuhan khusus TUKS dan Tersus Anda, hubungi Kami CV Nuavi Cipta Media. Kontak Person Bpk Diego Sumaryantho, HP WA 081-330-786858 atau email mustdiego@yahoo.com

Tidak ada komentar