CV Nuavi Cipta Media mempunyai badan hukum, SIUP TDP dan telah tersertifikasi IALA, IMO, BKI, ISO dan Sucofindo. Hubungi Kami di +62 81 330 786858 (call + wa) atau mustdiego@yahoo.com (email)

IP Protection pada Lampu Suar antiair



Lampu Suar / mercusuar yang dibutuhkan adalah lentera dengan pencahayaan 360 ° yang sepenuhnya tahan air, kuat, kompak, ringan. Di atas menara atau di atas pelampung suar di air, namun cukup terang untuk bertindak sebagai lampu mercusuar profesional. Pada suatu kejadian / force majoure bisa jadi lampu suar akan tenggelam ke dalam air / laut. Lampu mercusuar yang baik berstandard IP 67 / IP 68, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa proteksi tahan air / anti air pada lampu mercusuar jauh lebih baik dari persyaratan IP. Seperti contoh diatas, Marine Lantern merk Vega type VLB 5 telah terendam sekitar setahun, tapi dengan hanya mengganti aki, lampu bisa berfungsi normal tanpa hambatan.

Kode IP, Perlindungan Internasional Menandai, standar IEC 60529, kadang-kadang diartikan sebagai Ingress Protection Marking, mengklasifikasikan dan menilai tingkat perlindungan yang diberikan terhadap intrusi (bagian tubuh seperti tangan dan jari), debu, kontak yang tidak disengaja, dan air dengan casing mekanis dan selungkup listrik. Ini diterbitkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Standar Eropa yang setara adalah EN 60529.

Standar ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih rinci kepada pengguna daripada istilah pemasaran yang tidak jelas seperti tahan air. Misalnya, telepon seluler yang diberi rating IP68 "tahan debu" dan dapat "dicelupkan dalam 1,5 meter air tawar hingga 30 menit". Demikian pula, soket listrik yang diberi peringkat IP22 terlindung dari penyisipan jari dan tidak akan rusak atau menjadi tidak aman selama pengujian tertentu di mana ia terkena air yang menetes secara vertikal atau hampir vertikal. IP22 atau IP2X adalah persyaratan minimum umum untuk desain aksesori listrik untuk penggunaan di dalam ruangan.

Angka-angka menunjukkan kesesuaian dengan kondisi yang dirangkum dalam tabel di bawah ini. Digit 0 digunakan jika tidak ada proteksi. Digit diganti dengan huruf X ketika data tidak cukup telah dikumpulkan untuk menetapkan tingkat perlindungan.

Tidak ada tanda hubung dalam kode IP asli. IPX-8 (misalnya) adalah kode IP yang tidak valid. [1]

Halaman ini berisi kombinasi IEC 60529 (juga EN 60529) dan standar lainnya, seperti ISO 20653. Dokumen asli tersedia untuk dibeli, dan memiliki persyaratan penting dan spesifik yang tidak dapat sepenuhnya dicetak ulang karena pembatasan hak cipta. Ini sering termasuk gambar yang menentukan peralatan uji yang diperlukan, seperti bentuk nosel air yang digunakan untuk pengujian jet air. Standar tambahan sering dirujuk yang mungkin mengandung informasi penting. Seseorang harus mengacu pada revisi terbaru dari standar yang diperlukan saat melakukan tes untuk sertifikasi agensi.

Tabel IP protection
    Digit pertama: Ingress benda padat      Digit kedua: (Masuknya cairan)
0 Tidak ada perlindungan Tidak ada perlindungan
1 Terlindungi dari benda padat di atas 50mm misalnya tangan, alat-alat besar. (Terlindungi dari tetesan air atau kondensasi yang jatuh secara vertikal.)
2 Dilindungi dari benda padat lebih dari 12.5mm misalnya tangan, alat-alat besar. (Terlindungi dari tetesan air yang jatuh, jika casing dibuang hingga 15 dari vertikal.)
3 Terlindungi dari benda padat lebih dari 2.5mm misalnya kawat, alat kecil. (Terlindungi dari semprotan air dari segala arah, bahkan jika casing dibuang hingga 60 derajat vertikal.)
4 Dilindungi dari benda padat lebih dari 1.0mm misalnya kabel. (Terlindungi dari percikan air dari segala arah.)
5 Perlindungan terbatas terhadap debu masuk.(tidak ada deposit berbahaya) (Dilindungi dari pancaran air bertekanan rendah dari segala arah. Masuknya terbatas diizinkan.)
6 Benar-benar terlindung dari masuknya debu. (Terlindungi dari pancaran air bertekanan tinggi dari segala arah. Masuknya terbatas diizinkan.)
7 N / A Dilindungi dari perendaman dalam air dalam waktu singkat.
8 N / A Dilindungi dari waktu yang lama dan tahan lama dari perendaman dalam air.
9k N / A Dilindungi dari tekanan tinggi jarak dekat, suhu tinggi turunkan semprot.

Tidak ada komentar