CV Nuavi Cipta Media mempunyai badan hukum, SIUP TDP dan telah tersertifikasi IALA, IMO, BKI, ISO dan Sucofindo. Hubungi Kami di +62 81 330 786858 (call + wa) atau mustdiego@yahoo.com (email)

Pelampung Cuaca dan Iklim (Weather Buoy)
















Pelampung cuaca (Weather Buoy) adalah instrumen yang mengumpulkan data cuaca dan samudra di lautan seluruh dunia, serta bantuan selama tanggap darurat terhadap tumpahan kimia, proses hukum, dan desain teknik. Pelampung (Buoy) ini me monitor perubahan-perubahan cuaca dengan berbagai macam sensor. Pelampung tertambat (tetap / moored weather buoy) telah digunakan sejak tahun 1951, sementara pelampung terhanyut telah digunakan sejak tahun 1979. Pelampung tertambat dihubungkan dengan dasar laut menggunakan tali polipropilena, rantai besi, nilon, atau apung. Pelampung cuaca tertambat (moored weather buoy) berdiameter 1,5 meter (4,9 kaki) sampai 12 meter (39 kaki), sementara pelampung hanyut lebih kecil, dengan diameter 30 sentimeter (12 inci) sampai 40 sentimeter (16 inci). Pelampung hanyut adalah bentuk dominan pelampung cuaca dengan dewasa ini, berjumlah 1250 unit berada di seluruh dunia. Data angin dari pelampung memiliki kesalahan yang lebih kecil dari pada kapal. Ada perbedaan dalam nilai pengukuran suhu permukaan laut antara kedua platform juga, yang berkaitan dengan pengukuran kedalaman dan suhu air, apakah air dipanaskan oleh kapal yang mengukur kuantitasnya atau tidak.

Pelampung Cuaca Kami menggunakan platform nirkabel berbasis Arduino, yang kuat, tahan lama namun lebih murah dari platform Intel. Membangun Pelampung Cuaca Nirkabel adalah pengalaman belajar yang hebat. Ketika Anda selesai membangun proyek ini, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana komunikasi nirkabel bekerja, bagaimana sensor bekerja, dan seberapa kuat platform Arduino. Pelampung ini akan menjadi platform sebuah stasiun cuaca kecil (small moored weather buoy).

Stasiun cuaca adalah perangkat yang mengumpulkan data yang berkaitan dengan cuaca dan lingkungan dengan menggunakan berbagai sensor. Kita bisa mengukur banyak hal seperti: Suhu udara, Kelembaban udara, Kecepatan dan arah angin, Tekanan Barometrik, Indeks UV,  Curah Hujan turun, Suhu air dan sensor PH, Salinitas air, Sensor Kekeruhan Air, Sensor ultrasonik kedalaman air, GPRS dan modul GPS untuk menentukan posisi buoy. Di Stasiun Cuaca yang akan kita bangun, kita akan mengukur Suhu dan Kelembaban di dua lokasi dan menampilkan tanggal dan waktu sekarang. Perangkat Pelampung Cuaca (stasiun cuaca) ini dapat dimonitor real time dari kantor pusat baik menggunakan koneksi wireless, wifi, ataupun koneksi seluler GSM GPRS EDGE 4G.

Tidak ada komentar